4 Festival buah di berbagai Negara yang Seru


Buah itu sehat, lezat, dan kaya akan gizi. Itu sebabnya, banyak Negara yang menyelenggarakan festival buah. Itu supaya semakin banyak orang yang suka makan buah.

1. Festival buah jeruk

Jeruk adalah salah satu buah favorit banyak orang. Kota Menton, Prancis Memiliki Festival Jeruk Yang di dalam bahasa prancis dinamakan Fete du Citron Menton.
Dalam Festival ini, Jeruk – jeruk disusun menjadi berbagai bentuk yang menarik. Seperti miniature menara Eiffel, Kendaraan, dan binatang – binatang. Dalam festival ini, biasanya dibutuhkan lebih dari 100 kg jeruk untuk dekorasi. Kota Menton sendiri dikenal sebagai penghasil buah jeruk lemon.
Festival ini diadakan setiap tahun sekitar bulan Februari sampai maret. Selain disaksikan oleh warga setempat, banyak juga wisatawan dari luar negeri yang menonton.
                                                                                       
2. Festival Labu
Acara yang diadakan setiap tahun di Desa Collector, Canberra, Australia ini disebut Collector Pumpkin. Festival labu ini biasanya dihadiri ribuan orang. Di dalam acara ini, tersedia juga banyak makanan yang terbuat dari labu.
Semua Pengunjung yang dating ke acara ini, boleh mencicipi sup labu. Sup labu istimewa ini dibuat oleh ibu – ibu warga Desa Collector. Selain sup, ada juga kue labu yang terkenal lezat.
Pada puncak acara festival labu, petani yang memiliki labu terbesar akan diberi penghargaan. Hal ini Membuat para petani labu bersemangat. Untik tahun ini, Labu terbesarnya mencapai 202,5 kg.

3. Festival Buah – buahan
Ho Chi Minh City, Vietnam, juga menyelenggarakan festival buah setiap tahun. Berbagai jenis buah aneka warna ada di sana. Banyak wisatawan berkunjung menyaksikan festival ini. Buah – buahan yang ikut festival adalah buah – buahan unggulan seperti ; leci, manggis, rambutan, durian, apel, jambu, manga, dan melon. Saat festival berlangsung, ada banyak acara menarik yang diadakan. Seperti, parade buah, obral buah, lomba makan buah, menyicip makanan lezat campur buah, bahkan ada pasar buah terapung.

4. Festival Durian
Wah, Kita orang Indonesia harus bangga nih. Karena Indonesia salah satu penghasil buah durian terbesar di dunia. Karena itulah banyak festival durian diadakan di beberapa kota di Indonesia.
Saat festival durian, biasanya ada banyak sekali jenis durian unggul dari berbagai daerah dijual. Ternyata ada banyak sekali jenis durian di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah durian matahari dan Jabrix dari bogor, durian bawor dari Banyumas, Durian si fajar dari pandeglang, durian sigaluh dari banjarnegara dan masih banyak lagi yang lainnya.
Selain buah durian segar, ada juga makanan lain yang terbuat dari durian. Es krim dan Pancake durian misalnya. Di festival ini, juga dijual bibit pohon durian.

Comments